21 Mei 2008

Semangat Baru

Alhamdulilah saya telah diberi kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi
Setelah saya berlibur ke Jakarta hampir 5 hari saya merasakan semangat baru ada dalam diri saya lagi. Senang rasanya melihat anak-anak tertawa terbahak bahak karena melihat paus putih dan lumba-lumba di ancol. Serasa masalah dalam organisasi terlupakan sejenak.
Sehari sebelum berlibur outlet kami yang ada di tembalang terbakar.Untung belum semuanya terbakar.
Kejadian tersebut membuat saya berpikir keras apa yang salah dalam komando manajemen Klinikita sehingga ada cobaan kebakaran menimpa outlet kami.Ini yang pertama dan semoga ini yang terahkir.
Dalam kejadian ini saya banyak belajar tentang komando dimanajemen antara lain :
1. Asuransi adalah hal mutlak untuk mengurangi resiko, berapapun biayanya asuransi pasti lebih murah dibanding dengan menanggung kerugian sendiri
2.Karena kebakaran di outlet kami tersebut ternyata tidak dapat di ganti oleh allianz seperti yang saya duga sebelumnya karena polis yang habis tanggal 28 februari belum kami bayar, sehingga kerugian dari kebakaran tersebut yang menanggung organisasi kami. Dari kejadian tersebut saya banyak belajar bahwa organisasi manajemen klinikita belum teratur sehingga pembayaran polis sampai tidak tertangani dengan baik. Memang pengurusan hal tersebut sudah diambil alih oleh bagian kerumahtanggaan organisasi kami,tetapi ternyata masih ada lewat dikarenakan personil bagian kerumahtanggaan kami tidak jeli dan tidak teliti dikarenakan struktur organisasi kami memang belum sempurna dan akibatnya pengawasan / pekerjaannya belum terfokus.Dari pengalaman ini kami mencoba membuat sistem pengawasan aset dan pengelolaan kerugian sehingga kejadian kemarin tidak akan terjadi lagi.
3.Kami akan selalu lebih berpikir mencegah keadaan yang tidak terduga ,sehingga hal yang kecil pun akan mengambil peranan yang sangat besar, dan hal ini kami akan selalu lebih detail dalam pengelolaan manajemen dan tidak mengabaikan hal-hal yang kami lihat tidak penting padahal sangat besar manfaatnya bagi kemajuan organisasi kami.
4.Setiap kejadian pasti ada sebabnya, jadi kebakaran tersebut bukan hanya kutukan atau cobaan yang secara acak datang kepada kami, tetapi kami yakin kejadian tersebut penyebabnya adalah kami sendiri. KAmi akan mencoba menganalisa dan menemukan titik pangkal dari kejadian tersebut untuk dipelajari dan diharapkan tidak akan terjadi lagi.
Poin-poin tersebut kami simpulkan untuk sementara ini sehingga kami akan mencatat kejadian tersebut dalam-dalam dan kami berusaha untuk tidak mengulangnya lagi

Tidak ada komentar: