08 Mei 2008

Aktivitas Manajer

Penggemar IT mungkin tidak bisa tidak tahu tentang Intel. Intel inside tag dari Intel corp yang dicetuskan Andrew S.Grove yang memang salah satu dari pendiri Intel. Beliau pernah mengarang buku High Output Management pada tahun 1980 an. Buku yang pada saat itu belum banyak yang menulis. Isi buku tersebut tentang bagaimana beliau mengelola perusahaan yang dari personel 57 menjadi 20000 orang.Pada tahun 80 an sangat fenomenal mempunyai pegawai sebegitu banyak.
Menurut beliau jika untuk menjadi manajer yang baik aktivitasnya adalah :
1.Mencari data sebanyak mungkin baik dari pegawai,koran, ataupun laporan keuangan baik dari perusahaan sendiri ataupun pesaing.Aktivitas inilah paling besar yang harus dilakukan manajer.Setiap hari harus melakukan ini jika tidak mau ketingalan informasi persaingan bisnis secara up to date.Jangan sungkan untuk menelpon pesaing mengenai informasi harga/strategi marketing yang dilakukannya atau bahkan bayar orang lain baik dari pegawai pesaing atau tidak untuk mendapatkan informasi yang akurat.
2.Memberi informasi kepada seluruh orang yang dipimpinnya.
Tidaklah heran jika banyak pemimpin sering rapat dan rapat. Memang salah satu tugas dari manajer adalah menjadi penyebar informasi.Komunikasikan kepada bawahan berupa ; prioritas kerja, tujuan yang harus dicapai dan alternatif pilihan untuk mendorong penyelesaian tugas sehingga bisa menyelesaikan tugas dengan berbagia pendekatan
3.Membuat keputusan
Semua manajer harus bisa membuat keputusan baik dikala siap ataupun tidak siap.Beliau menganjurkan untuk membuat keputusan demi kelangsungan organisasi di masa depan, sehingga keputusan ini harus dilakukan untuk mencapai target yang akan dicapai, dan kedua adalah keputusan yang harus diambil secara reaktif/karena ada kejadian.Keputusan ini harus dilakukan secara hati-hati sehingga akan memberikan dampak saat ini dan mendatang secara lebih baik
Nasehat Andrew S Grove adalah :
Perkuat pencaharian informasi dan terjemahkanlah dalam bentuk keputusan serta buatlah sistem informasi yang detail sehinga kita dapat dengan mudah mengamati dan bersikap untuk menyongsongnya.

Tidak ada komentar: