31 Mei 2008

Keseimbangan Hidup

Hari-hari terahkir ini saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga.Untuk menyeimbangkan pola hidup sebagai seorang manusia yang diciptakan sebagai mahluk sosial sungguh susah. Keadaan yang saya kira biasa-biasa saja dan saya anggap tidak ada masalah tetapi mulai muncul.Ini semua menyangkut keseimbangan hidup saya sebagai manusia, sebagai anak,sebagai suami,dan sebagai bapak serta sebagai tetangga dan rekan kerja yang baik.
Alhamdulilah ke dua orang tua saya dan mertua saya masih diberi keadaan sehat. saya telah diberi istri yang cantik dan perhatian, saya telah diberi 2 putri yang lucu-lucu dan saya telah diberi tetangga dan rekan kerja yang sangat peduli dan perhatian juga kepada saya. Ahkir-ahkir ini saya melupakan mereka secara detail, dan secara emosional.Sungguh kejadian yang tidak saya duga sebelumnya bahwa mereka sekarang minta diperhatikan. Saya anggap yang selama ini tidak ada masalah menjadi keadaan yang harus saya tangani secara bijaksana.
Saya teringat kepada audiobooknya brian tracy tentang focal point. Beliau mengajarkan bahwa kita harus meluangkan waktu kepada kehidupan mereka juga. Gunakan waktu sore kepada keluarga, gunakan waktu-waktu yang sangat berharga untuk kehidupan ini. Luangkan 1 hari cuti untuk keluarga dalam seminggu, luangkan waktu seminggu dalam 6 bulan sekali untuk keluarga, dan luangkan 2 minggu liburan dalam setahun untuk mebangun suasana harmonis baik kepada orang tua, keluarga, rekan kerja dan tetangga sehingga hidup akan lebih seimbang dan harmonis.
Dalam hidup ini tidak ada yang dapat mengatur dan mengendalikan hidup kita kecuali kita sendiri.Maka saya kembali teringat pelajaran tersebut dan saya harus segera membuat rencana untuk memperhatikan mereka sehingga mereka merasa tetap dibutuhkan dan diperhatikan.

Tidak ada komentar: